Berhati-hati dengan Makanan dan Minuman

Posted: 1 April 2011 in Uncategorized

Dalam sebuah milist yang saya ikuti, Prof. Dr. H. K. Suheimi, seorang dokter ahli kandungan mem-posting sebuah tulisan tentang kesehatan yang sangat bermanfaat untuk diperhatikan dan dipraktekkan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Singkatnya, tulisan tersebut mengajak kita untuk berhati-hati dengan makanan yang kita makan sehari-hari seperti:

1. Jangan memakai botol plastik minuman karena botol-botol tersebut mengandung zat-zat karsinogen (atau DEHA). Jika terpaksa juga memakainya lebih lama, tidak boleh lebih dari seminggu, dan harus ditaruh di tempat yang jauh dari matahari. Kebiasaan mencuci ulang dapat membuat lapisan plastik rusak dan zat karsinogen itu bisa masuk ke air yang kita minum.

2. Hati-hati terhadap makanan yg dibakar/asap seperti sate karena hasil pembakaran dengan memakai arang dapat menyebabkan kanker. Untuk antisipasi bisa memakan timun yang disarankan untuk dimakan setelah makan sate. Karena sate mempunyai zat Karsinogen (penyebab kanker) tetapi timun ternyata punya anti Karsinogen.

3. Jika mengkonsumsi udang dalam porsi/jumlah yg banyak disarankan tidak minum vit C. Karena ini akan menyebabkan keracunan dari racun Arsenik (As) yang merupakan proses reaksi dari Udang dan Vitamin C di dalam tubuh dan berakibat keracunan yang fatal dalam hitungan jam.

4. Beri jarak waktu paling tidak 3 (tiga) hari setelah mengkonsumsi mie instan, jika akan mengkonsumsinya lagi, dari informasi kedokteran, ternyata terdapat lilin yang melapisi mie instan. Itu sebabnya mengapa mie instan tidak lengket satu sama lainnya ketika dimasak. Konsumsi mie instan setiap hari akan meningkatkan kemungkinan seseorang terjangkiti kanker. Dokter mengatakan bahwa tubuh kita memerlukan waktu lebih dari 2 (dua) hari untuk membersihkan lilin tersebut.

Tulisan atau informasi serupa ini banyak saya baca dan temui di media manapun, baik koran, majalah, internet maupun infromasi dari teman melalui email atau milist.

Tulisan/postingan bapak H. K. Suheimi di atas semakin memperkuat keyakinan saya akan bahaya makanan minuman yang tidak terjaga kebersihan dan kesehatannya.

Ternyata, banyak makanan dan minuman, tanpa kita sadari memiliki ancaman terhadap kesehatan tubuh kita baik secara perlahan-lahan maupun tiba-tiba.

Tidak heran, kenapa manusia yang lahir di awal tahun 60 atau 70-an mudah terjangkiti penyakit kanker, tumor, kolesterol jahat, diabetes, stroke, dll. Beda dengan manusia sebelum tahun 60 atau 70-an yang masih kuat dan enerjik di umur-umur tua mereka. Hal ini disebabkan karena tubuh manusia sekarang sudah dirusak oleh makanan minuman instan dan kemasan pabrik yang penuh dengan bahan kimia sebagai pengawet.

Untuk itu, marilah sedini mungkin dan seminimal mungkin kita kurangi konsumsi makanan minuman instan dan pabrikan. Supaya tidak menyesal kemudian.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s